Logo KMK Semarang

Logo KMK Semarang
Official Logo KMK Semarang

[ Ngoprek Yuk ] Membersihkan Evaporator AC Kuda

Tips  Ngoprek Yuk  kali ini datang dari oom Denny Indrawan, salah satu Joki KMK.

Bagi rekan-rekan Joki yang ketinggalan treat di FB dari oom Denny Indrawan tentang Membersihkan Evaporator AC Kuda sendiri silahkan di simak di sini..

Mitsubishi Kuda adalah mobil yang AC nya terkenal sangat dingin dan kenceng bagaikan badai, jadi tidak heran kalau Kuda type GLS walaupun AC nya single blower penumpang di kursi belakang tetap bisa merasakan sejuk nya AC bahkan kadang kedinginan. Dan jangan heran juga kalau pemilik Kuda SE atau Grandia jarang menyalakan AC double blower nya karena kalau double blower di nyalakan maka kuda seperti kulkas ....... :)

Kalau kuda kita ac nya nga kayak kulkas maka ada yg salah dengan dengan sistem pendinginan AC kuda kita... adapun penyebab AC tidak dinggin  yang paling sederhana adalah Evaporator AC yang kotor oleh debu yang menahun sehingga kipas blower tidak bisa bekerja maksimal meniup dingin yg di hasilkan oleh evaporator.


Berikut cara kerja AC Mobil sederhana nya :

Kompresor yang digerakan oleh tenaga mesin mobil memompa dan mensirkulasikan media pendingin yang biasa kita kenal dengan sebutan Freon yang masih berbentuk Gas ke dalam sistem dengan tekanan tertentu.

Selanjutnya Freon tersebut dialirkan ke kondensor, di kondensor Freon didinginkan dengan jalan melepas panas ke udara luar lewat sirip-sirip kondensor. Dikarenakan temperaturnya menurun maka Freon yang tadinya berbentuk gas dari kompresor akan berubah menjadi Freon berbentuk cair. Kondensor biasanya terdapat pada bonet ( moncong mobil ), jadi kita juga harus jaga kebersihan dari kondensor karena letak nya yg di moncong mobil biasanya kondensor juga cepat kotor.

Selanjutnya Freon tersebut dialirkan ke Filter / Dryer untuk dilakukan penyaringan maupun pengeringan terhadap uap air yang ikut beredar di dalam sistem. Freon yang sudah difilter di alirkan ke katu expansi yang bertugas untuk menurunkan tekanan Freon, karena tekanan turun maka otomatis temperatur juga turun, akibat dari penurunan tekanan Freon berubah menjadi kabut dengan temperatur yang rendah.

Freon yang sudah turun tekanan dan temperaturnya dialirkan ke evaporator, akibatnya evaporator menjadi dingin, udara yang mengalir melalui sirip-sirip evaporator panasnya diserap sehingga temperatur udara tersebut menjadi turun. Udara yang sudah turun temperaturnya dialirkan kedalam ruang kendaraan dari blower sehingga terasa sejuk.

Nah apabila Evaporator kotor otomatis ac akan kurang dingin dan terjadi konensasi yg ujung-ujung nya bocor di kolong kaki Navigator..

Gambar Evapurator Kuda yg Kotor


Untuk mengatasi masalah evaporator kotor. berikut cara sederhana nya ala KMK...

1. CABUT KUTUB NEGATIF ACCU, SUPAYA AMAN tidak korslet, ....lalu buka laci kiri pakai kunci sepuluh yang bisa belok. 2 baut di kiri dan 2 baut di kanan. Simpan tutup laci di tempat yang aman, misalnya di Jok belakang... jangan sampai terinjak.


2. Pindahkan / cabut soket yang putih. bila perlu bungkus pakai plastik... pastikan aman JANGAN SAMPAI BASAH
3. Lepaskan soket Thermostat (Bi-metal), yaitu 2 baut di atas, lalu tarik keluar

4. Setelah di tarik keluar Thermostatnya.... Terlihat dari atas, Evap kotor

5. Buka 3 baut BLOWER di Kiri Bawah , lepaskan soket kecil, Lepaskan selang kecil. simpan baut-baut tersebut di tempat aman, jangan berceceran.

6. Tarik Blower ke bawah, lepaskan


7. Bersihkan blower menggunakan kuas kecil dan vacum cleaner ( penyedot debu )

8. Lepaskan unit Kipas Blower yang berwarna putih, dari dinamo (angker Blower AC) lap Bersih semua Debu sampai tuntas. Jangan pakai Air... cukup di lap.

9. Cuci Kipas Blower sampai bersih total, pakai kuas, Sikat gigi bekas dan sabun cair / shampoo.

10. Bersihkan kaki dan kutub Thermostat... pakai kuas kawat... atau amplas halus... biasanya berJAMUR dan ada sisa Oksidasi karena kelembaban... Hati-hati jangan sampai terjatuh.... perlahan saja tapi pasti

11. INI YANG PALING PENTING..... Pasang selembar plastik yang lebar di bawah evap, supaya kerjanya bersih, air tidak cipratan kemana-mana. PASTIKAN JUGA SELANG PEMBUANGAN AC DI KOLONG MOBIL TIDAK TERSUMBAT.

12. Untuk alat penyemprot Evapurator saya modif selang kecil YANG SEBESAR PENSIL , ujungnya sumbat pakai tutup spidol kecil.... lalu lubangi di samping..... supaya air memancar keras ke samping.... bisa masuk ke celah kecil. Lalu rapatkan pakai cable ties supaya air hanya lewat ke lubang kecil tersebut. Lubangi tutup spidol pakai Paku yang di panaskan... lalu coba buka keran air.. sipp kan?!?!?!?

13. pasang selang ke keran air yang tekanannya kuat. Tampak semburan ke samping ... cukup untuk merontokan kotoran dan debu yang menyumbat evapurator.

14. Dengan menggunakan tutup spidol yg di modif tadi semprotan air terbukti efektif karena semprotan air terarah ke samping dan ke atas, kalau proses pencucian pakai sabun bisa, tapi busanya bisa mengganggu penyemprotan... menurut saya pakai air bertekanan sudah cukup..... lakukan berulang ulang sampai benar benar bersih.... selangnya maju mundur di sekeliling evaporator...

15. Sesudah bersih, BERSIH, BERSIH. KERING - KERING.... pasang lagi sesuai urutan tadi.

16. Finally... udara segar di kabin..... Duit hemat 300 - 500 ribuan ... lumayan . Freon gak perlu nambah.. HARI GINIII.. DUWITTT SETENGAH JUTAAAA ..SESUATU BANGETTT PEMIRSA... Jangan lupa Kabel ACCU negatif di pasang lagi.... coba deh hidupkan mobil. nyalakan AC nya..... semburan anginnya... serasa mobil baru....

Kesimpulannya,kalau AC Kuda kita tidak dingin, jangan takut.. pastikan kipas anda oli visco nya masih OK dan lakukan perawatan evapurator seperti diatas..

Special thanks :
- Oom De Kiswaya
- Oom Raymond Steven kmk#092

So... DO IT YOURSELF...


Denny Indrawan

29 comments:

  1. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  2. ijin copas ya om .... salam JABEKA 499

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hmm salam jg dah bohay jabeka

      Delete
    2. Salam kenal Om,,, Jojon_KMK2375
      Ranch Jabeka
      ������

      Delete
  3. sy pibgin banget gabung ama joki joki yg lain..tp dimana biasanya..

    ReplyDelete
  4. Terimakasih gan pencerahannya...

    ReplyDelete
  5. Apik tenan artikelnya bro..mohon izin copas, salam jokie di karawang.

    ReplyDelete
  6. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  7. Terimakasih tipnya.....sampun kulo cobi lanhsung josss ademme

    ReplyDelete
  8. Keeereeen bos...tp tetap ane takut klo dicoba sndri..mlh berantakan...jd ttep mnding dtang ke bengkel AC 🤣🤣🤣

    ReplyDelete
  9. Kereeeenn.. sangat detail.. Mudah2an Kuda ane bisa nyampe ke Semarang..

    ReplyDelete
  10. Puyeng juga nglayani kuda .. Ac service mulu, mau service sendiri, pasti tambah ancur

    ReplyDelete
  11. Mantabp Om,, mksh infone
    Jadi Evap ga hrs dibongkar ya Om ?

    ReplyDelete
  12. Mantabp Om,, mksh infone
    Jadi Evap ga hrs dibongkar ya Om ?

    ReplyDelete
  13. Kemaren Blower dah sy cucui bersih Om,, tp Evapnya blm krn msh belum paham cara bongkar pasangnya,,
    Hasilnya lumayan nambah adhemm juga sich ,bila dibandingkan dg sebelumnya...

    ReplyDelete
  14. Mantap salam satu kuda sejuta saudara Noki_2291 mesuji lampung

    ReplyDelete
  15. Ass wr wb, Sy udah coba step by step, setelah dicoba udara makin segar, dinginnya mantap tapi masih netes air ke dalam cabin om, mohon pencerahan. thanks

    ReplyDelete
  16. Kalo blower sering ngadat ato semburan lemah kenapa ya?

    ReplyDelete
  17. Thanks banget...mitsubishi sll oke👍

    ReplyDelete
  18. Salam kenal,bermanfaat sekali ilmunya, gan mau cari spoiler fender depan kiri dan tengah nya dimana ya?

    ReplyDelete
  19. kalo beli tutup ac double blower yg bagian kanan atas nya sopir....dimana ya sd sekarang blm dapat jual nya dimana ...cover bag kanan ac db kuda

    ReplyDelete
  20. Mantaap inih, ane dpt info telat
    Udh ganti baru inih ... hikhikhik

    ReplyDelete
  21. Bang mau tanya kompresor AC apa ya yang sepakean mobil kuda diesel

    ReplyDelete
  22. Saya sudah praktekkan, AC jadi cesss lagi. Terimakasih atas ilmunya

    ReplyDelete