Ilustrasi Temperatur Over Heat
Mesin yang over heat memang berbahaya, kita sebagai joki kuda ada baiknya mengenali karakteristik mesin kuda kita, mesin mitsubishi kuda terutama KD ( KUda Diesel ) memiliki CC yang sangat besar karena berkapasitas 2500 CC,... dengan CC sebesar itu tentu saja mesin akan cenderung panas, apalagi jika kita lihat kondisi ruang mesin Mitsubishi Kuda termasuk sempit dibandingkan dengan ruang mesin Ispan maupun TokiDie.
Ruang Mesin Mitsubishi Kuda Diesel
Ruang Mesin ISPAN
Dengan ruang mesin yang sempit dan cenderung penuh dengan equipement-equipment Premium maka sirkulasi udara di ruang mesin sangat terbatas. ( yang saya maksudkan dengan equipment perimum misal nya AKI KD menggunakan AKI dg kapasitas 70Ampere yg cukup besar.... , Filter Solar , Filter Oli, Filter Udara dengan ukuran yg besar )
Korelasinya adalah jika sirkulasi udara terbatas maka mau-tidak mau untuk menjaga mesin tetap dingin / berada di suhu yang sesuai standart kita harus benar-benar menjaga performa dari radiator. Dengan kata lain , kondisi radiator harus prima, tidak boleh kotor atau tersumbat jalur-jalur air nya, dan juga tidak boleh bocor... karena jika jalur air tersumbat maka mesin akan over heat karena pendinginan tidak optimal... dan yang paling bahaya adalah apabila radiator bocor,.. karena bocor sebesar lobang jarum pun akan mengakibatkan berkurang nya air radiator sehingga ujung2 nya pasokan air radiator akan berkurang ( semakin lama semakin habis ) dan ujung2 nya over heat.
Illustrasi Kerak Pada Jalur Radiator
Oh iya hampir lupa, pada mitsubishi kuda yang masi ori biasanya masi ada Thermostat nya, Thermostat adalah alat yg fungsi nya mengatur banyaknya pasokan air ke dalam water jacket mesin, sehingga jika mesin terlalu panas maka pasokan air akan di tambah, sebaliknya jika mesin terlalu dingin maka pasokan air akan diperkecil, hal ini bertujuan agar suhu optimal mesin tercapai sehingga mesin dapat berjalan dengan maksimal.
[ Jadi bila kita di tawarin utk mencopot Thermostat oleh bengkel radiator dengan alasan agar temperatur bisa nyender di "C" sebaiknya tidak dilakukan karena mesin akan terlalu dingin sehingga suhu mesin yg ideal tidak akan tercapai ]
Jarum Temperatur yang normal adalah berada di tengah, jika jarum temperatur berada lebih dari 1/2 maka lakukanlah hal-hal berikut :
1. Pastikan kondisi radiator tidak tersumbat dan aliran / putaran air lancar, caranya : di pagi hari buka lah tutup radiator , dan tengoklah apakah air radiator keruh atau bening, jika bening tengok juga apakah terlihat adanya sumbatan pada kisi2 lubang air dalam radiaor... biasanya kalau air keruh cenderung past ada sumbatan di lubang sirkulasi air radiator. Kalau itu terjadi bawa radiator ke tunkang radiator utk rojok / kuras radiator.. ( pada saat artike ini di buat tarif 1x rojok radiator di Semarang adalah 80 s/d 100 rebu )
2. Pada pagi hari di saat melakukan ritual 5 menit yg menentukan, amatilah sambungan-sambungan radiator, pastikan pada saat mesin hidup tidak ada kebocoran sekecil apapun... kebocoran terutama bocor halus dapat terdeteksi dengan terlihat nya kerak putih-putih pada sambungan radiator (pada sisi atas maupun bawah ) makanya sebelum cek kondisi ini bersihkan dulu body radiator nya dengan baik sehingga apabila ada bocor pasti akan kelihatan putih2 nya di lokasi yg bcoro..
3. Pastikan karet tutup radiator masih baik, caranya buka tutup radiator kemudian lihat bagian bawah tutup radiator pastikan karet hitam tidak ada yang retak , karena kalau ada yg retak air akan bocor melalui tutup radiator. Sesekali tekan-tekan karet tersebut pakai kuku jari tangan anda, dan kalauterasa sudah keras segera ganti, karna kalau sudah keras ( terasa seperti karet yg mati ) akan segera retak dan bocor.
Tutup Radiator yg sudah rusak karet nya
4. Pastikan putaran air radiator kencang, caranya : di saat pagi hari starter kuda anda , sambil di buka radiaor nya dan tarik kabel gas sambil kita lihat aliran air yg nampak dari tutup radiator yg di buka harusnya aliran air nya kuat.... ( tapi ingat jangan lama2 segera matikan mesin dan tutup kembali radiator anda sebelum air menjadi panas ). Dan pastikan juga ketika di starter air tidak muncrat karena jika air muncrat mengindikasikan terjadi kebocoran kompressi ke water jacket.
5. Jika radiator anda menggunakan AIR sebagai pendingin nya , sebaiknya gunakan air tampungan buangan AC rumah, karna air tersebut adalah air murni yg bebas dari mineral yg akan menimbulkan kerak.
[ Jika Anda membeli kuda 2nd dan pendingin radiator menggunakan AIR jangn pernah megganti nya dengan COOLANT sendiri, karena kalau anda ganti sendiri maka cairan COOLANT akan merontokkan kerak-kerak endapan air yg ada di dalam water jacket dan hal tersebut akan menyumbat airan air di water jacket maupun di jalur air pada radiator. Jika anda tetap ingin mengganti AIR ke COOLANT lakukanlah dengan cara menguras dahulu dengan COOLANT beberapa kali samapai kerak-kerak bekas air 100% hilang... atau mintalah bengkel yg mengerjakan ]
6. Pastikan kipas pendingin bekerja dengan baik.. perlu diketahui bahwa mistubishi kuda menggunakan sitstem VISCO FAN yang cara kerjanya kipas akan berputar semakin kencang apabila mesin terlalu panas.. cara cek nya sederhana , jika dalam keadaan dingin putar lah kipas radiator jika trasa ringan sekali berarti VISCO FAN oli nya sudah minta Jajan hehehehe.
Kata tukang radiator , sebetulnya kalau mau sehat rutin nge-rojok radiator 6 bulan sekali.... terutama bagi yg radiator nya di isi dengan AIR sebagai Pendinginnya.......
Demikian sedikit Tips Merawat Radiator Mitsubishi Kuda, semoga bermanfaat utk rekan-rekan Joki yang lain..
KMK#314
------------------------------- Salam Satu Kuda Sejuta Saudara ------------------------------
Oke trim infonya bro
ReplyDeleteOm semua mau tanya kalau meain kd saat pakai ac dan kondisi macet temp naik lebih setengah krn apa ya
ReplyDeletecoba oli mesin yg high grade. klo di kuda diesel saya darahnya isi pake produk dari p*rtam1na fastron diesel. sae 15-40. cm itu suara mesin noise nya agak berisik aja krn oli syntetik dan encer. yg penting dlm kabin msh seyap hehehe
DeleteOm mau tanya kabel yg terhubung ke fuse 60A (fuse warna kuning) itu ada satu apa 2 ya, yg ane cm satu kabel yg masuk ke fuse itu
ReplyDeletekabelnya ke fuse di box / fuse 60A yg ada langsung on di kepala kutub (+) accu.?
Delete*klo fuse langsung di kepala (+) accu berrelasinya unt ambil setroom langsung unt di suply ke (relay glow plug - belakang pompa solar). yg bunyi 'ctakk' di antur oleh 'timer' sesaat unt berfungsi memanaskan busi di ruang bakar sblm start engine. #maaf klo salah ^_^
Kami GN.Exhibiiton menyewakan partisi r8 untuk acara pameran,sewa backdrop sewa stand dll.Kami juga menyediakan tenda sarnafil;,kerucut,tenda rooder dll untuk acara perkumpulan dan event penting lainnya
ReplyDeleteHubungi kami di Jl.boulevard raya ruko star of Asia No.99 Lippo karawavi tangerang
No.Hp :085100463227
Wa :085100463227
http://kontraktorpartisipameran1.blogspot.co.id/
Ad yang tau onderdil kuda yg gampang di dpat dimna yach mohon infonya kanda kanda komunitas kuda,,
ReplyDeletepadasuka motor - banceuy, unt daerah kota bandung dan sekitarnya
Deletebengkel service radiator(korok) yg bagus dmn ya? share donk, thanks.
ReplyDeleteAda yg tahu, untuk yg jual radiator kuda diesel di daerah Semarang Mana ya?
ReplyDeletebanyak oom, coba ke daerah mataram ada toko MITSUBISHI ...
ReplyDeletebtw kalau ngga rusak parah kenapa harus diganti?
mending servis aja oom kalau beli baru mehong
Mau tanya om...saya beli kuda diesel 2nd.awal saya pake tidak ada masalah.trus ketika saya pakai untuk menaiki jalan menanjak,air cadangan radiator habis dan over heat.setelah saya bawa ke bengkel kata orang engkelx cm tutup radiatorx saja yg rusak.tetapi setelah di ganti tutupx,ketika saya pakai untuk keluar kota,sesampiax saya di rumah saya cek air cadangan radiator habis lg tetapi panel suhu tdk naik ke arah over heat.kira2 ada kerusakan di radiaotorz atw di silinder headx itu om....
ReplyDeleteSY JUGA MENGALAMI HAL YANG SAMA, TERNYATA WAKTU DICEK OLEH MONTIR RADIATOR YAITU RADIATOR DIISI AIR DG PENUH KMD MESIN DIHIDUPKAN PADA WAKTU MESIN DI GAS MAKA AIR RADIATOR MUNCRAT PERTANDA ADA YG BUNTU, KMD RADIATOR DICOPOT KMD DIBERSIHKAN DENGAN CARA LUBANG RADIATOR DISOGOK DENGAN LIDI LOGAM SATU-PERSATU
DeleteTambahi lagi om wawan artikelnya...🙏🙏
ReplyDeleteMohon info adakah kmk malang?
ReplyDeleteKmk malang ada kok
ReplyDeleteTerimah kasih infonya bermanfaat
ReplyDeleteBolavita Agen Judi Online Terpercaya dengan keamanan ketat yang dijamin Aman ! Menyediakan Permainan Online | Taruhan Sabung Ayam Online | Judi Casino Live | Tembak Ikan Online | Taruhan Bola Online / Sportsbook | Judi Slot | Bola Tangkas | Poker Online | Togel Online SGP / HK / KL
ReplyDeletePromo Bonus yang dapat anda Klaim Langsung !
♥ Bonus deposit 10%
♥ Bonus Cashback s/d 10%
♥ Bonus Rollingan 0.5% + 0.7%
♥ Bonus Referral 7% + 2% seumur hidup !
Linka Pendaftaran : http://159.89.197.59/
Informasi selengkapnya silahkan hubungi :
• WhatsApp : +62812–2222–995
• Wechat : Bolavita
• Line : cs_bolavita
• Telegram : @bolavitacc
misi om mau tanya, saya baru beli kuda 2nd th 2003.... trus kok pas nanjak harus pake gigi kecil terus kenapa ya?? atau emang karakter mobil kuda seperti itu??
ReplyDeleteGabung konsultasi gan,kuda saya temperatur indikatornya kok g pernah naik?
ReplyDeleteSensor temperaturnya letaknya dimana?
kalo mau ganti,apa sama kayak punya kucing?
Taxs
Saran saya radiator diservis dulu aja om, barangkali masalahnya ada tersumbat dilobang lobang sirkulasi.
DeleteMisi gan, saya mau numpang nanya. Kalo mau beli over fender mitsubishi kuda super exceed tahun 2000 di daerah Semarang kira-kira dimana yaa?
ReplyDeleteSuwun luurr 🙏
Ok banget infonyaa om
ReplyDeleteSaya butuh hendel pintu belakang mobil kuda tahun 1999 ......info ke 081946836446
ReplyDeletetanya om mobil kuda bensin 2001 bocor air dibawah saringan hawa, yang saya tanya apa nama alatnya dan berapa harganya makasih
ReplyDeletemas mau tanya, kalau kipas radiator untuk MK Diesel yang original merknya apa ? trims
ReplyDeleteTemperatur sy g mau naik,alias bersandar dibawah,coba dicek bengkel katanya sensor mati,lgsung dicopot trus dibelikan baru sperti contoh yg lama,ditoko pert ada dgn hrg 45rb,begitu dipasang normal ditengah setelah hidup 5mnt,jarum naik sampe mentok, apakah salah beli sensor ya
ReplyDeleteLha agan belinya yg harga segitu, beli yg ori gan, sekitar 600 Rb an bari tokcer
DeleteThis comment has been removed by the author.
DeleteMisi om.. Tanya untuk ukuran tutup radiator kuda diesel, 0,9 atau 1,1 yg cocok
ReplyDeleteDjarum temperatur grandia diesel 2005 sy ditengah lebih dikit pke ac dan ga pke ac sama tp kadan turun normal gak teratur.begitu Angkatan pertama -+10 menit normal nanti naik trus kadang separuh lagi tp lebih sering diatas stengah dikit.tp mobil ga ada terasa aneh normal normal aj..tolong suhu bgmn solusinya
ReplyDeleteID PRO SLOT ONLINE PRAGMATIC
ReplyDeleteBandar Slot Dan Bola
Situs Judi Online Pragmatic
Situs Slot Pragmatic Terpercaya
Bandar Judi Bola Terpercaya Online24Jam
Slot Online Pragmatic
mohon pencerahannya ni dari para suhu.
ReplyDeletemobil kuda bensin saya klo awal di kontak tempratur gk langsung naik alias diem aja di bawah, klo udah di panasain 10 menit baru naik perlahan.
terus klo pas lagi jalan kondisi hujan, tempratur langsung turun drop sampe bawah & kinerja mesin jadi ndet2an gitu.
kira2 kenapa & harus di apaini ya om? mohon pencerahannya
terima kasih