Logo KMK Semarang

Logo KMK Semarang
Official Logo KMK Semarang

Thursday, 27 October 2016

Permasalahan Mesin Kuda Diesel : Rembes

Halo.. halo... joki-joki KMK Se Indonesia Raya,...
Setelah beberapa bulan tidak sempet update artikel di blog KMK Semarang karena  lagi merantau ke negeri antah berantah, kembali lagi #314 akan mencoba share mengenai pengalaman dalam memelihara Kuda Diesel...

Foto : Ilustrasi Kuda yang brodol ..heheh thx utk Oom Johan yang udah bersedia jadi model
Foto taken by : oom rido #315

Beberapa waktu yang lalu saya sempet bete karena setiap pagi hari waktu ngeluarin kuda dari kandang nya selalu di lantai Carport terdapat sisa tetesan oli ,... semakin hari semakin banyak, dan navigator pun mulai ngomel-ngomel karena lantai carport jadi kotor dan licin,... sehingga beberapa kali joki junior sempet kepleset karena ceceran oli tersebut,..

Setelah saya amati lebih jauh, ternyata  ada kebocoran yg terjadi di mesin 4D56 nya Si Little Pajero yang semula hanya saya perkirakan dari carter oli yang bocor ternyata lebih dari yang saya duga..
Kebocoran terjadi mulai dari packing penutup, shield kurk as, shiled..., shield,.....

Tapi berhubung waktu itu #314 lagi bokek tidak punya duit maka perbaikan kebocoran Little Pajero sempet tertunda beberapa bulan. Namun konsekwensi nya memang kita harus setiap pagi cek dip stick oli , untuk memastikan bahwa oli mesin masih berada di level yang aman ( tidak di bawah garis  Low ).

Setelah dapet rejeki dan kebetulan waktu nya ganti oli mesin maka Little Pajero di opname di bengkel langgan saya di bilangan Semarang Indah untuk proses perbaikan, Setelah menginap 1 malam maka perbaikan pun rampung, dan tetesan oli di lantai carport pun sudah tidak ada lagi..
Adapun biaya yang saya keluarkan juga tidak mahal Harga spare part (aneka seal ) plus Oli Meditran SC 4,5 liter dan Ongkos jasa bengkel  total hanya Rp. 1.065.000.000,- dan mesin Kuda Diesel jadi kering seperti baru...

Jadi kalau rekan-rekan Joki KMK ada yang mengalami permasalahan oli yang rembes seperti yang saya alami tidak usah khawatir selama kita rajin melakukan pengecekan setiap hari dan tambahkan oli jika posisi level oli turun dibawah garis High. Jangan takut kalau di takuti bengkel yg nakal "wah ntar kalau kehabisan olie bisa jebol mesin nya lho"...

Pada umumnya jika oli berkurang masih sekitar 1/2 Liter dalam 1 kali periode ganti olie sebetul nya masih aman kok... (karena faktor usia dan penguapan ) yang penting ya itu tadi persiapkan olie cadangan yg di bawa kemana2..hehehe.

Belilah sparepart shield yang orginal , mengingat prosee pengantian shield banyak bagian yg di bongkar dan lumayan rumit serta biayanya tidak murah maka jika menggunakan spare part yang non original maka khawatir nya belum lama shield KW sudah minta ganti lagi.

Oh iya ada juga manfaat nya bongkar2 shield ini karena waktu kita bongkar kita bisa juga tau kondisi Timming Belt, dan juga Silicon Visco Fan, serta karet-karet selang radiator jadi sekalian ganti aja kalau memang part2 tersebut sudah uzur... :)

Ok Guys,.. terimakasih sudah menyimak artikel di blog http://kmksemarang.blogspot.com

KMK#314

--------------- Salam Satu Kuda Sejuta Saudara ---------------