Logo KMK Semarang

Logo KMK Semarang
Official Logo KMK Semarang

Sunday 13 September 2015

TRADISI PENYEMATAN NOKI KMK KANDANG SEMARANG

Malam yang dingin di hari Jumat tanggal 11 September 2015 yang baru lalu,  dimana sebagian orang sudah tidur menikmati istirahat malamnya tetapi tidak demikian dilingkungan TPU (Tempat Pemakaman Umum) Kembang arum Semarang, 12 Mitsubishi Kuda dan 2 Mobil lainnya berjajar rapi di area parkir komplek pemakaman tersebut.

Lokasi Penyematan Noki....... hiiii sereeemm

Tema : Berkendara dengan bijaksana & Patuhi Rambu-rambu Lalu lintas...
atau kalau tidak akan berakir di ........


Malam itu sekelompok pecinta kendaraan Mitsubisi Kuda  yang tergabung dalam Komunitas Mitsubishi Kuda (KMK) Kandang Semarang sedang melakukan acara Tradisi Penyematan Nomor Joki (Noki) KMK. Noki adalah identitas resmi setiap anggota Komunitas Mitsubisi Kuda yang di terbitkan langsung dari pengurus pusat KMK di Jakarta, sehingga sangatlah membanggakan apabila seorang Joki Mitsubishi kuda telah mendapatkan Noki setelah menunggu approval yg lumayan lama. Malam itu ada lima anggota baru KMK kandhang Semarang yang baru saja mendapatkan Noki yaitu Oom Taufan Nusantoro (KMK 618), Oom M. Reza si Gendut Ceria (KMK 619), Oom Septiyan “Kemen” (KMK 628), Oom Iwan Temil alias Item (KMK 629), Oom M. Novel (KMK 630).

Peserta  sudah mulai was-was... 

Tradisi Penyematan Noki kali ini memang cukup mencekam karena diadakan di Area TPU Kembangarum Semarang. KMK Kandang Semarang memang terkenal unik dan aneh dalam berbagai kegiatan dan sudah beberapa kali mengadakan acara seperti ini dengan tema dan tempat yang berbeda. Dan kebetulan pada angkatan ini Tema nya adalah bernuansa Kuburan.

Acara dikemas sederhana namun khidmat, acara dimulai pada pukul 22.30 WIB sebelum para peserta Tradisi memulai acara diadakan upacara sederhana yang dipimpin oleh Wakil Ketua KMK Kandang Semarang sdr. Agus Riyanto (KMK 374) yang biasa disapa Kang Agus. Dalam sambutannya mengatakan tradisi seperti ini dan saat ini dilakukan di TPU Kembangarum bukan akan menakut- nakuti para Joki baru tetapi ada filosofinya bahwa Mitsubishi Kuda adalah mobil yang sangat nyaman untuk dikendarai bahkan dalam kecepatan yang sangat tinggi sekalipun,  tetapi perlu diingat terutama untuk para joki Mitsubishi Kuda jangan terus keenakan dan sembrono atau ugal- ugalan dalam mengendarai mobil tersebut bisa berakibat fatal dan mungkin akan berakhir ditempat seperti ini (Kuburan).

Setelah menerima wejangan dan pembacaan doa dari sesepuh Oom Agus Riyanto (KMK374) Kemudian kelima peserta tradisi dibawa ketengah area TPU untuk satu persatu membacakan Ikrar Tujuan Komunitas Mitsubishi Kuda. Acara ini dipimpin oleh ketua panitia penyelenggara tradisi Oom Didi ZA (KMK 432). Setelah pembacaan Ikrar Tujuan Komunitas Mitsubishi Kuda selesai, satu persatu peserta mulai mengambil Noki di area TPU diantara batu nisan yang telah ditentukan yang di pandu oleh Oom Johan Pontihade (KMK 141) dan Oom Dudi Dwi R (KMK 054). 

Peserta bergantian membacakan Ikrar Tujuan KMK


Dalam pengambilan noki diantara batu nisan tersebut peserta harus menuliskan dua item  Ikrar Tujuan Komunitas Mitsubishi Kuda yang hanya diterangi oleh senter kecil.

Satu demi satu peserta berhasil menyelesaikan tradisi tersebut dengan membawa noki beserta hasil tulisan mereka di tengah area TPU tersebut. Rasa bangga dan bahagia tampak dari wajah kelima Joki tersebut selain itu mereka juga dapat mengalahkan rasa takut mereka. Jabat tangan erat dan pelukan hangat dari para joki lainnya ketika kelima joki ini berhasil keluar dari area TPU.

Membaca Ikrar dengan Gemetar... ( ntah karena takut atau karena terharu meresapi ikrar heheh )


Ketua panitia penyelenggara Oom Didi ZA (KMK 432) di sela- sela kesibukannya memimpin prosesi acara tersebut menyampaikan bahwa  “Inilah KMK Semarang, berani bergeser dari titik nyaman. bukan senioritas tapi sebuah kebersamaan dengan rekan, alam dan sang Khalik” .



Setelah prosesi selesai, KMK Kandang Semarang rolling atau konvoi keliling kota semarang dan diakhiri dengan makan malam yang pagi sekali (karena makan malam nya sudah lewat jam 00:00 WIB) di Warung Lesehan Nasi Gudeg Mbak Tum Peterongan.

Rolling... 

Semua berkahir Indah... makan-makan... 


Selamat Datang Saudaraku dan Selamat Bergabung Dengan Komunitas Mitsubishi Kuda, Salam Satu Kuda Sejuta Saudara.

Welcome to the Club


KMK#374