Logo KMK Semarang

Logo KMK Semarang
Official Logo KMK Semarang

Thursday 2 July 2015

Kolpling nJeblos..... Help..Help...

Ada ungkapan di KMK bagi pemilik KD, kalau belum mengalami kopling di injak enteng dan tidak bisa memasukkan gigi transmissi atau biasa di kenal dengan kopling nJeblos berarti belum 100% memiliki Mitsubishi Kuda Diesel...
Karena seperti nya mayoritas Joki KD pasti pernah mengalami nJeblos kopling tersebut....

Jangan trauma dan jangan takut kalau mengalami nJeblos kopling, mari kita kenali gejala-gejala awal nya dan metode penyembuhannya..

Sistem kopling Mitsubishi Kuda Diesel ( KD) adalah menggunakan hidrolic, dimana untuk menekan tuas realese cluth fork ( tuas kopling ) menggunakan sistem cairan hidrolic yg di mampatkan dalam tabung-tabung hidrolic atau yg biasa kita sebut dengan Master Kopling.

Di KD master kopling terdiri dari 2 bagian, master kopling atas dan master kopling bawah.

Kopling nJeblos sebetulnya jika di perhatikan sebelumnya pasti ada tanda-tanda nya. Tanda tanda awal nya biasanya (sebelum parah ) adalah :

1. Di pagi hari ketika kita memanasi KD kopling di injak terasa ringan sekali (sehingga tidak mau masuk gigi vresneling), namun apabila di kocok-kocok dan setelah mesin panas bisa berfungsi lagi.

2. Pada bagian master bawah ( jika yg rusak master bawah ) terdappat rembesan oli, dan bila di perhatikan kadang terdapat tetesan oli di lantai garasi atau carport.


3. Pada saat perjalanan jauh kadang di tengah-tengah perjalanan sulit pindah gigi transmissi ( perpindahan tidak smooth )

Apabila, rekan-rekan joki merasakan gejala-gejala awal tersebut ada baiknya segera lakukan penggantian master kopling.

Biasanya kalau kita bawa ke bengkel pihak bengkel terkadang menawarkan utk di perbaiki saja master nya , namun berdasarkan pengalaman joki-joki KMK jika hanya di perbaiki (biasanya pihak bengkel akan mengganti kip-kip dan per master ) tidak lama kemudian akan njeblos lagi..

Hal ini disebabkan karena kondisi karet Kip-Kip Master kopling sudah membentuk alur sesuai dengan dinding bagian dalam master kopling , sehingga kalau di ganti hanya karet kip-kip saja akan bocor lagi karena karet yg baru tidak memiliki alursesuai dengan yg telah ada / terbentuk dengan karet kip yg lama.

Kip-Kip komponen Master kopling 


Jadi lebih baik daripada dua kali kerja lebih baik langsung saja di ganti dengan master baru ( prefer ganti atas dan bawah sekalian), harga master kopling dengan merek SANYCO (made In Taiwan) cukup bersahabat di kantong kok.. kalau tidak salah master kopling atas Rp.150.000 dan master bawah Rp.70.000,-.

Master Kopling SANYCO

Master Kopling Atas


Untuk master kopling KD yang ORI KTB di Semarang sangat sulit mendapatkan nya, karena harga yg mahal kalau tidak salah masater atas Rp 350.000 dan master bawah Rp. 250.000,-

Apabila rekan-rekan joki memiang KD second dan belum pernah mengalami nJeblos kopling ada baik nya membawa spare master kopling ini sewaktu mudik lebaran besok.

Proses pemasangan nya sebetul nya gampang-gampang susah..
1. siapkan spare part yang akan di pasang ( master atas dan bawah ).
2. Siapkan Oli rem sabagai fluida yang akan di isikan ke dalam sistem hidraulic kopling.
3. Kunci Pas untuk membongkar master kopling.
4. Selotip Ledeng untuk melapisi niple-niple.

Step by Step nya untuk proses pembongkaran adalah sbb :
1. Lepaskan niple-niple dari master kopling bawah, siapkan wadah untuk menampung oli kopling bekas. Hati-hati jangan sampai berceceran atau terkena Cat pada body kendaraan karena bisa menyebabkan cat mengelupas.

2. Setelah semua oli turun ke wadah, pastikan tidak ada sisa oli dengan cara menginjak beberapa kali pedal kopling. Pasang spare part master bawah pada dudukan nya.

3. Balutkan Selotip ledeng ke niplle sebelum di pasangkan kemaster kopling bawah ( agar tidak rapat dan tidak bocor ), kemudian kencangkan niple menggunakan kunci pas.

4. Tuangkan minyak rem ke dalam tabung penampungan oli di master atas perlahan lahan..  Tuangkan sampai cairan minyak rem tidak bergerakke bawah lagi.

5. Panggil rekan anda untuk membantu mengocok (menginjak pedal kopling berulang-ulang ) dan anda stand by di bawah ( jangan lupa pakai kacamata pelindung utk melindungi mata dari kemungkinan cipratan minyak rem ). Kemudian mintalah rekan anda utk menginjak pedal kopling dengan irama 1,2,3,4 TAHAN...  kemduaian anda kendurkan niple di master bawah utk membuang angin nya...
lakukan berulang ulang sampai ketika mengendurkan niple yg keluar bukannya angin tapi olie..

Untuk penyetelan kopling nya ( bila perlu ) dapat dilakukan dari kolong bawah Joki ( bawah steer ), putar baut ke kanan utk menanbah tekanan kopling atau ke kiri utk mengurangi tekanan.


Posisi baut penyetel kopling ( di bawah dasbhoard joki )


Jika kebetulan mengalami nJeblos di jalan jangan sungkan2 untuk kontak rekan-rekan Joki KMK penguasa wilayah setempat hehehehhehehe :)

Note: Mohon maaf foto-foto kurang karena nga sempet njepret (jika sudah sempet njepret akan kita update hehehhehe)


----{ Semoga Bermanfaat}----


KMK #314



11 comments:

  1. Gan, ane dah nyoba nih. Cuma cara ttangga ane yg supir truk, jangan dikocok kocong pedalnya, biarin aja ngalir sndiri dr atas kebawah. Kalau udara dah keluar baru nepel kcengin

    ReplyDelete
  2. cara emergency, selau sedia (bekal) 1).tool box (kunci-kunci standrt) 2).minyak rem 1 btl 3).seal'tape (yg bisa digunakan unt sambungan pada drat kran air.
    * buka piston kopling master bawah, keluarkan sael aslinya, kemudian ganjal/lilitkan seal tape seperlunya, lalu pasang kembali seal asli, kemuadian isi kembali cairan minyak rem'nya. cara ini yg berfungsi sebagai pengembang (melar) dari seal asli yg biasanya jeblos kopling krn seal asli sdh 'aus' krn usia pakai (life time). trik ini hanya darurat sampai ke bengkel terdekat.

    ReplyDelete
  3. kejadian yang sedang saya alami saat ini bos hehehe

    ReplyDelete
  4. Thx om kuda ane sehat lagi 🙏

    ReplyDelete
  5. Yang master atas seperti apa ya...

    ReplyDelete
  6. Lg ngalamin nie bos bosku gmn ini mn perjalanan Mash jauh

    ReplyDelete
  7. kalo sdh ganti atas bawah....kok masih sulit masuk gigi...masih masuk angin terus....ada penyakit lain kah??

    ReplyDelete
  8. Gan kalo mobil kuda yg bensin thn 2000 kopling ana ngeblos gimana cara benerin nya

    ReplyDelete
  9. Gan, WAGnya KMK ada g gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Join grup FB kmk aja gan, di fesbuk

      salam #kmk2467

      Delete