Logo KMK Semarang

Logo KMK Semarang
Official Logo KMK Semarang

Thursday 11 June 2015

Persiapan Mudik Lebaran

Tidak terasa sebentar lagi bulan Rhamadan tiba dan Hari Lebaran segera menyusul...:)
Untuk rekan2 Joki yang mau Mudik naik Kuda, mari lakukan persiapan dengan Mitsubishi Kuda kita sebelum mudik...


Selain pengecekan mesin di bengkel langganan sebelum melakukan perjalanan mudik, untuk keperluan Emergency di waktu mudik lebaran menggunakan Kuda kesayangan ada baik nya menyiapkan beberapa barang berikut :

1. Oli Mesin Cadangan.

    Karena faktor U ( Usia ) kendaraan kita ada baik nya membawa Oli mesin cadangan , tidak usah yang besar cukup kemasan 1 liter saja.. untuk jaga-jaga apabila oli berkurang sewaktu perjalanan baik karena rembesan, bocor, dan penguapan oli.


2. Air Radiator Cadangan.

    Siapkan 1 botol air radiator cadangan , cukup menggunakan botol bekas kemasan air mineral 1 liter saja.. Untuk rekan2 yg pake coolant beli coolant cadangan. Karena pada arus mudik biasanya banyak terjadi kemacetan lalulintas yg ujung-ujung nya membuat mesin kita over heat shg air radiator berkurang.



3. Oli Power Steering Cadangan.

    Untuk berjaga-jaga apabila PS tiba2 bermasalah ( rembes atau  bahkan jebol di jalan ) jangan lupa membawa Oli PS cadangan. Cukup kemasan kecil saja.



4. Oli Rem. 

    Oli rem di Kuda juga berfungsi sebagai oli hidraulic kopling, jadi sebaik nya juga menyiapkan oli rem cadangan saat mudik lebaran nanti. Tidak perlu yang besar cukup yang kemasan kecil saja.


5. Cutter.

   Nah alat ini pernah menolong saya dalam keadaan emergency waktu PS jebol sehingga Oli PS bocor dengan deras sampai habis. Gunakan Cutter ini untuk memotong Van belt yang menghubungkan Pompa PS ke pulley mesin. Sehingga anda akan tetap bisa mengemudikan Kuda tanpa khawatir Pompa PS ikutan rusak.
Asyik juga lho serasa fitness karena Kuda kita pake POWER SEPIRING....  :)


6. Hose Oli Cadangan.

   Bagi yang sudah menggunakan KD nya selama 2 tahun lebih dan belum pernah mengalami bocor atau jebol Hose Oli , atau selang sirkulasi oli yang terdapat di belakang dinamo ampere sebaik nya membawa spare selang ini, karena spare part yg satu ini cukup sulit mencari penjual nya apalagi di kota kecil. Padahal part yg satu ini rawan bocor dan apabila bocor efek nya oli mesin berkurang dengan cepat shg membahayakan mesin. sebaiknya beli saja yg nga ori utk spare ( harga kisaran 40rb ).  Dan apabila jebol di jalan bisa kita ganti sendiri kok, bongkar pasang nya tidak sulit hanya saja tangan pasti kotor kena oli bekas.

7. Pengecekan tekanan angin ban serep & alat bongkar pasang ban.

   Yang sering dilupakan adalah pengecekan tekanan angin ban serep, kejadian yang sering terjadi adalah ketika ban kita bocor dijalan ( Keban-Nan Istilah Jawa nya ) waktu mau pasang ban serep ternyata gembos juga.... Jadi pastikan ban serep Kuda kita tekanan nya cukup dan jangan lupa pastikan Dongkrak dan Kunci ban berada di dalam Mobil kita waktu kita mudik naik Kuda.



( Khusus bagi pemilik Kuda GEN3 Grandia pastikan konde di belakan ada ban serep nya jangan cuman cover nya doang dibawa kemana-mana hehehehheeh )

8. Kotak Tool Kit

  Karena perjalanan mudik umum nya jauuuuh sekali tidak ada salahnya membawa tool kit, tidak usah yg gede dan mahal , cukup toolkit kecil saja yang isi nya kunci-kunci, obeng, amplas, sekring dan alat- alat yang biasa kita gunakan utk perbaikan ringan di Mitsubishi Kuda kita..



9. Kabel Jumper AKI

  Untuk menanggulangi kalau aki Kuda kita tiba-tiba tekor ada baiknya bawa kabel sekitar 1Meter yang bisa kita gunakan utk nge-Jumper aki dari mobil lain utk membantu starter Kuda kita dari pada mendorong.. kabel bisa menggunakan kabel listrik serabut atau tunggal gunakan yg agak besar kabel nya karena starter kuda ampere nya lumayan besar.

Kalau ingin rapi dan aman kita bisa membeli penjepit buaya (warna merah dan hitam ) kemudian kita solder di ujung-ujung kabel jumper kita... harga murah kok pejepit buaya yg gede satu biji cuman Rp. 1000 perak..
Untuk Men-Jumper AKI  kutub + harus dapat + dan kutub - harus dapat -


10. Kotak P3K

    Yang terakhir dan tidak kalah penting adalah siapkan kotak P3K standart di dalam mobil. Selain utk jaga-jaga kalau2 kita mengalami luka, juga utk keamanan kita agar tidak di tangkap Polisi, karena mereka ( terutama di daerah) menanyakan kotak P3K dan kalau tidak ada kena tilang deh kita..
Dan mereka tidak mau terima kalau kotak P3K nya nga standart walaupun obat-obat nya lebih lengkap.



Dengan mempersiapkan alat-alat dan suku cadang diatas harapannya bisa mengurangi resiko kita di Palak oleh bengkel jalanan. (terutama di pembelian spare part)

Jangan sungkan-sungkan utk kontak rekan-rekan KMK di daerah yang anda lewati apabila mengalami problem di jalan.....

Oh iya hampir lupa,. jangan lupa lakukan ritual 5 menit yg menentukan ...:)

Selamat Mudik Lebaran..


KMK#314







1 comment:

  1. persiapannya harus bener-bener nih, apalagi masalah keamanan...

    http://www.tokoobatku.com/obat-penyakit-batu-ginjal-herbal/

    ReplyDelete