Karena sistem / cara kerja mesin diesel adalah dengan mengkompresi udara + solar sehigga menimbulkan ledakan di ruang bakar yang menggerakkan piston, maka yang harus di jaga selain pasokan udara yg baik dan bersih , juga proses pengkabutan bahan bakar ( solar ) yang sempurna sehingga sudut pengkabutan adalah 4 Drajat (kata nya heheh ) dan partikel partikel solar selembut kabut... ( ciieee )
Semprotan Solar pada injector
Apabila ujung-ujung Nozzle injector terganggu lubang nya karena timbunan sulfur atau kerak yang berasal dari solar dengan kualitas yang tidak bagus maka hal tersebut akan mempengaruhi proses pengkabutan solar. Sehingga performance KD kita jadi loyo, asap hitam, dan boros bahan bakar.
Sebelum masuk ke bengkel utk kalibrasi nozzle dan maintenance injector pump (IP) yang kalau di Semarang biaya nya sekitar Rp.600.000 ( belum termasuk spare part ) sebaik nya kita coba dulu melakukan Purging sendri.
Untuk harga cairan purging sendiri berfariasi antara Rp.170.000 s/d Rp 200.000 per kaleng.
Purging adalah sebuah cara utk membersihkan sistem pengkabutan solar dengan menggunakan zat kimia ( obat purging ) yang tujuan nya agar nozzle bersih dari endapan sulfur / kerak kerak. tanpa harus membongkar IP dan Nozzle itu sendiri.
Skema Sederhana Proses Purging
Cara nya adalah sbb :
1. Siapkan cairan purging ( biasanya yg sering di pakai adalah LIQUI MOLLY )
2. lepas lah selang IN Solar yang dari arah filter Solar menuju Mesin, dan selang OUT Solar (selang sirkulasi solar )
3. Masukkan kedua selang tadi ke dalam botol cairan purging.
4. Nyalakan mesin KD ,biarkan nyala idle utk beberapa saat, di gas-gas sedikit2 juga boleh.
( lama waktu purging sekitar 20-30 Menit tergantung ukuran besar Cairan purging )
5. Awasi posisi kaleng Cairan purging pastikan tidak tumpah dan jangan sampai ke habisan cairan.
6. Setelah cairan purging hampir habis matikan mesin ( jangan sampai kehabisan agar tidak masuk angin)
Posisi Kaleng dan Selang waktu Purging
Setelah selesai proses purging ada baiknya sekalian di ganti filter solar nya , dan jangan lupa utk menyambung lagi selang IN dan OUT(selang sirkulasi balik) solar yang tadi kita lepas.. dan pastikan juga kita pompa solar nya dengan hand pump sampai terasa berat utk memastikan tidak masuk angin.
Manfaat Purging :
- Membersihkan injector pump atau bosch pump dari kotoran / kerak
- Membersihkan nozle injector
- Membuat mesin jauh lebih bertenaga dan sangat responsif
- Membuat suara mesin lebih halus, getaran lebih sedikit
- Membuat tarikan mesin lebih enteng dan perpindahan gigi lebih panjang
- Membuat penggunaan bahan bakar solar lebih irit
Beberapa contoh cairan purging :
Seperti halnya manusia , lebih baik mencegah daripada mengobati.. jadi agar KD kita terjaga performance nya lakukan lah :
- Penggantian filter Solar lebih sering ( lebh awal dari saran di buku manual )
- Biasakan jangan terlalu mepet "E" dalam mengisi solar ( sisakan minimal 1/4 Tangki agar kotoran atau endapan tidak masuk ke ijnector )
- Tambahkan additive (vitamin) pada Solar setiap 5000 KM ( untuk mengurai air dan sulfur di dalam tangki dan selang2 bahan bakar )
- Isi Solar di SPBU yg banyak melayani Bus dan Truk sehingga perputaran solar nya cepat solar yg lama mengendap kurang bagus bagi mesin kita.
Demikian sekilas cara purging semoga bermanfaat.
Selamat mencoba.
KMK #314
agan2 mau nanya... kl bengkel boschpump(injection pump) & nozzle yg recommended disemarang dmn ya?
ReplyDeleteSaya mau nanya, kenapa solar tidak naik ke injektor ya sehingga mobil tidak hidup saat di stater?? Mohon bantuannya
ReplyDelete