Logo KMK Semarang

Logo KMK Semarang
Official Logo KMK Semarang

Thursday 7 May 2015

5 Menit Yang Menentukan

Bagi pemilik mobil Kuda hal berikut yang akan kita sampaikan bisa jadi adalah 5 Menit yang sangat menentukan ( berarti ) yang mungkin anda sesali seumur hidup apabila tidak melakukan ritual ini.

Kendaraan / Mobil kita adalah benda yang selalu bergerak (tidak statis bagaikan monumen atau pajangan) dengan kata lain karena selalu bergerak atau dinamis maka banyak yg bisa terjadi dalam setiap waktu pergerakannya.

5 menit yang menentukan ini adalah ritual yang sebaiknya wajib dilakukan setiap hari selama lima menit di pagi hari sebelum kita menggunakan kendaraan kita.
Terutama bagi pemilik Mitsubishi Kuda yang secara usia kendaraan sudah tidak bisa di bilang muda lagi karena usia yang paling tua adalah 15-16 tahun, ritual ini sebaiknya dilakukan agar kendraan kita bisa awet di usia yang sudah tidak muda lagi, dengan demikian maka biaya2 yang tidak seharusnya keluar utk perbaikan bisa kita mimiallisasi.

Ritual ini adalah pengecekan mesin yang kita lakukan di pagi hari sebelum kita mulai men-starter kuda kita. adapun step-step nya adalah sbb :

Sebelum mulai menyalakan mesin , buka lah kap mesin dan lakukan pengecekan pada cek point-cek point berikut :

- Air radiator :
   Periksalah level ketinggian air radiator yg terdapat pada tabung reservoir setiap hari, hal ini dilakukan karena mesin mitsbishi kuda terutama yg diesel cenderung lebih panas dari mesin disel Ispan maupun Ipah atau tokidies, hal ini disebabkan karena ruang mesin kuda yang sempit dan padat karena letak komponen2 yg sangat berdekatan. Beda dengan punya ISPAN yg ruang mesin nya lebar (komplong-komplong) dan di per parah lagi dengan kisi-kisi grill kuda yg cenderung lebih kecil / sempit dibandingan dg ISPAN.
Otomatis dengan kondisi seperti yg saya tuliskan di atas maka air flow atau aliran udara di dalam ruang mesin jadi lebih terbatas (pada kuda ) dan sirkulasi nya juga terbatas kaena ruangan mesin yg sempit shg menyebabkan mesin menjadi lebih mudah panas.
( silahkan coba kalau ada kuda dan panther habis jalan bareng terus setelah berhenti pegang lah kap mesin nya, pasti kap mesiin Kuda akan terasa panas sedangkan Ispan adem-adem saja )

Karena cenderung panas maka penguapan air pedingin di reservoir pasti akan terjadi (apalagi kalau jalanan macet ) dan tentu saja akan mengurangi volume air radiator tsb. Jadi kalau setiap pagi kita cek kalau air di reservoir berkurang bisa segera kita tambahkan.

Oh iya sebaiknya jangan terlalu sering membuka / menutup tutup radiator secara langsung, sekali-sekali saja membuka tutup radiator kalau pas ngelihat kisi-kisi dari radiator nya yg di dalem kotor atau tidak nya. Mengapa demikian,? karena kalau sering2 di buka tutup akan mengakibatkan tutup cepet rusak karena karet nya menjadi pecah/ retak. kalau karet retak maka air akan bocor lewat sela2 tutup radiator.
Perbandingan Grill Kuda vs ISPAN

Mesin Kuda Disel ( Full penuuh )

Mesin Ispan ( legaaaa )



- Oil Level :
  Periksa ketinggian oli mesin dengan cara, tariklah dip stick oli yg  kemudian lihat bekas oli yg terdapat di dipstick pastikan oli berada di level high (H) coakan yg paling atas dipstick.
Untuk hasil yang akurat , lap bekas oli yg pertama kemudian colok lagi dipstick di tempat nya kemudian tarik lagi dan pastikan hasil nya di level H.

Kalau pada pengecekan yang ke 2 bekas oli tidak sama dngan yg pertama ( lebih rendah ) bisa di ulang sekali lagi utk memastikan, dan gunakan hasil pengukuran yg paling akhir. kemungkinan hasil berbeda (lebih rendah ) bisa saja terjadi karena di pengecekan pertama oli yg ter baca masih belum sepenuh nya turun ( masih ada sisa dari pemakaian sebelumnya ).

Oh iya kondisi oli yg di atas kelebihan ( diatas H ) juga tidak bagus karena akan menyebabkan mesin kebanyakan oli shg mesin jadi tidak bisa bekerja optimal karena sirkulasi oli tidak lancar. Biasanya mesin jadi Loyo.... :)
Cara membaca DIp Stick Oli


- Oli Power Steering.
  Karena faktor usia kendaraan oli PS sebaiknya di cek minimal seminggu 2 kali ( sebaik nya ) apabila tidak ada kebocoran / rembesan di sistem PS nya. kalau ada indikasi rembes sebaiknya oli PS setiap hari di cek level ketinggiannya dg cara membuka tutup tabung reservoir oli PS dan lihat di dip stick yg nempel di tutup oli PS pastikan bekas Oli masih di H , utk menghindari kekurangan oli pada saat mobil di jalankan shg PS yg tadi nya hanya bocor jadi rusak total karena oli nya kosong.

Cek Point tabung Oli PS


Setelah 3 cek point utama tadi di lakukan pengecekan dan hasil nya OK, maka nyalakankan (starter) Kuda anda dan biarkan mesin menyala sambil kap mesin tetap dalam keadaan terbuka,
Amati mesin yg bekerja pada jalur pipa PS dan pipa sirkulasi Oli ( yg dibelakang dinamo ampere pada kuda diesel ) , pastikan tidak ada kebocoran / rembesan oli yg kluar.
Amati pula pada pipa perputaran air, lokasi sekitar radiator, pastikan tidak ada iir yg rembes.
Tunggu beberapa Menit, jika oke semua Tutup Kap Mesin dan mobil siap di gunakan.

Ritual ini sebaiknya di lakukan  sekitar 5 Menit  di pagi hari sambil mengelap bagian2 mobil sambil manasin mesin.... ( itulah makanya ritual ini dinamai 5 menit yang Menentukan)
Jangan karena kita malas meluangkan waktu 5 menit mesin kita jebol karena kehabisan oli atau air.

Pemanasan di pagi hari juga sangat di anjurkan bagi Kuda Diesel karena mesin disel memerulkan pelumasan yg optimal sebelum benar2 di gunakan.

Base on pengalaman pribadi : pagi hari waktu melakukan ritual 5 menit saya mendapati bahwa pipa (hose) sirkulasi oli yg ada di belakang dinamo ampere sobek shg oli bocor dan ketahuanya waktu mesin di nyalakan bocornya kenceng bgt... kalausaja hari itu saya tidak melakukan ritual 5 menit mungkin Kuda saya sudah Ambrol mesinnya..



Hose Oil kecil( di belakang dinamo ampere )



KMK#314




5 comments:

  1. ♏♏♏ªªªªñÑñŤŤŤªªªªªPPPP..matur tengkyu tipsnya bang :-D

    ReplyDelete
  2. ada yang tahu tmpat jual tabung/botol tempat oli PS di Semarang.. tutup punya saya hilang .. siapa tahu ada yang nemberi pencerahan.

    ReplyDelete
  3. Saya mencari hose oil kecil dibelakang dinamo l300 dp diesel pick up th 2000 lubang murnya sama besar seprti hose oil kuda

    ReplyDelete