Logo KMK Semarang

Logo KMK Semarang
Official Logo KMK Semarang

Thursday 14 May 2015

Menjadikan Kuda Macho (Body Lift)

Mitsubishi Kuda , adalah mobil yang sangat fleksibel utk di ubah penampilannya. Mau di bikin mewah nan elegan gampang karena tidak usah di variasi yg aneh-aneh tampilan Kuda terutama yg seri tinggi ( SE / Grandia ) sudah mencerminkan kemewahan,....

Mau di bikin Macho...? Bisa....
Karena lobang spakbor Kuda yg relatif lebar bisa masuk velg sampai R-17 dan ban dengan tapak lebar 235 mm pun masuk , kalau mau pake ban MT atau AT pun bisa..

Dengan mengubah ukuran roda menjadi lebih besar yg otomatis akan menambah tinggi Kuda anda, maka tampilan Mits Kuda akan berubah 180 drajat dari yg mewah nan elegant menjadi Macho Man, apalagi kalau Gen1 yang tampang nya mirip dengan Pajero.
Cara di atas seolah2 menjadi trend sebagai cara instant merubah penampilan Kuda, hanya saja perlu di perhatikan hal hal berikut jika anda ingin memodifikasi menjadi macho.



1. UKURAN BAN
    Biasanya para modifikator pemula ( termasuk saya dulu ) akan mengawali ritual perubahan tampilan ini dengan mengganti ukuran ban. Yang perlu di perhatikan dalam proses penggantian ukuran ban ini adalah perlu di ketahui dengan mengganti ukuran ban menjadi lebih besar akan ada hal-hal yg akan di korbankan antara lain :

- Dengan mengganti ukuran ban menjadi lebih besar (extream) contoh ukuran 235x65 R15otomatis kenyamanan akan berkurang karena otomatis mobil jadi lebih tinggi, kalau mobil lebih tinggi maka goncangan akan lebih terasa.

- Dengan mengganti ukuran ban menjadi lebih besar otomatis setir akan lebih liar, karena diameter ban ladi lebih lebar jadi jangan kaget kalau setelah di tinggikan setir kuda yg tadi nya anteng sekarang lebih sering kita koreksi ke kanan maupun ke kiri pada waktu mobil berjalan.

- Dengan mengganti ukuran ban menjadi lebih besar otomatis konsumsi BBM akan menjadi lebih boros karena selain puteran mesin jadi lebih tinggi utk menjalankan speed yg sama ( misal biasanya 1500rpm sudah di speed 60 , ini rpm harus 2000 utk mencapai speed 60Km/J ). dan karena ban ukuran besar otomatis lebih berat maka bobot kendaraan juga akan lebih berat shg berpengaruh ke konsumsi BBM.

2. BODY LIFT
    Setelah ban menjadi besar maka tampilan akan langsung berubah menjadi garang... tapi eng...ing..eengg.... kantong harus di rogoh lebih dalam lagi karena kita harus melakukan penyesuaian tinggi kaki-kaki, karena kalau tidak di sesuaikan dg ukuran ban yg lebih besar maka ban akan mentok ke spakbor waktu mobil belok patah ataupun jalan di jalan yg tidak rata.... dan suara jegrok-jegrok akan sering kita dengar...  biasanya effek berantai nya yg harus di sesuaikan adalah :

- Perubahan ukuran shock beraker menjadi lebih panjang
- Perubahan dudukan stabiliser depan menjadi lebih panjang
- Roll Per belakang ( bahkan dalam beberapa kasus per harus di ganti menjadi yg lebih panjang
  kalau tinggi nya ekstream )
- Penggantian anting per belakang  ( dalam kasus-kasus tertentu )



Jadi, adabaiknya jika anda ingin merubah ukuran ban agar tampilan menjadi Macho.. perhitungkan masak-masak mengenai kosekewensi yang akan di peroleh. Karena ketika sudah di eksekusi dan berubah menjadi macho tidak bisa di balikin dengan mudah ke standart tanpa mengeluarkan uang yg cukup banyak alias No Turning Back hehhehehehe

3. Perubahan FINAL GEAR
   Apabila ukura ban sangat lah besar (extream) kita wajib hukumnya merubah rasio Final Gear pada gardan belakang dan transmissi agar mobil bisa berlari kencang dg rpm yang sesuai (rendah). Jadi sebaiknya jangan gede-gede ukuran nya kalau ingin ngedein ban... daripada kita bangkrut karena harus rubah setting final gear yg tentunya tidak murah.
logika sederhana nya adalah seperti kita naik sepeda balap , kalau ingin kenceng pindah ke gigi yg gir yg lebih kecil , kalau pake gigi besar pasti letoy

Tips bagi yg ingin tampil Macho :
- Jangan langsung beli ban besar yg baru, beli dulu yg second kemudian coba pasang.. dan di rasakan apakah anda cocok menggunakan ban dg ukuran dan type  tersebut ? jangan sampai sudah beli ban baru eeh ternyata nga enak utk di pakai harian... Type (AT, MT, HT)
AT = All Terrain ban bermotif agak kasar karena di desain utk di gunakan di jalan raya dan di
         tempat yg offroad ringan.
MT = Mud Terrain ban bermotif kasar karena di desain utk di gunakan hanya di medan offroad atau
         berlumpur. MT memang macho tapi kurang enak di pakai harian karena nga nyaman & berisik.
HT = Highway Terrain ban denga motif halus di desain utk pemakaian hanya di jalan Raya
          Tidak cocok utk offroad samasekali.

- Konsultasikan ke bengkel per langganan andan apabila ingin melakukan body lift tsb.. jangan salah
  dalam memilih bengkel , karena salah-salah malah kita di jadikan proyek coba-coba mereka yg ujung2 nya duit terkuras hasil tidak maksimal.

Pilihan yg aman adalah pakai yg AT karena bisa di jalan raya bisa di jalan offroad ringgan tampilan sudah cukup macho..

Bagimana ?? Masih punya cita-cita Menjad Macho..??

Semoga bermanfaat

KMK#314






12 comments:

  1. Replies
    1. heheheh... base on pengalaman pribadi oom,...
      kareena utk urusan body lift ini bener2 ngabisin duit jadi biar nga salah langkah rekan2 joki yg lain nya... karena sekali eksekusi efek nya berantai dan nga bisa balik lagi ( dengan mudah )

      Delete
    2. Nice Gan.
      Boleh nanya gan
      Ukuran ban AT yang aman untuk kuda asal tampilan sedikit tinggi aja pakai ukuran berapa ya?
      Ane ga mau body lift atau ganjel sana sini? Paling bumper depan aja yg pakai ARB.Mungkin ga ya?
      Kalau pakai velg celong 8 in roda belakang udah kelihatan keluar belum gan tanpa spacer ataupun adaptor?

      Makasih banyak atas pencerahanya

      Delete
  2. Kalo menurut saya ini bukan Body Lift tp Chasis Lift, kalo saya sih Body Lift itu cukup dengan menambah tinggi ganjal Body terhadap Chasis.... part nya gak nyampe 1juta dh kelar... dan suspensi msh normal.... saya dah lakukan

    ReplyDelete
    Replies
    1. bengkel nya dimana om?, ada keluhan ngak selama ini ??

      Delete
  3. Yg kurang cuman poto mobilnya om

    ReplyDelete
  4. Maaf gan sy dah ganti ban 235/70/15 tu mobil mitsubidhi kuda...tp klu jln ada tanjangan beradu body..pa msh bs kita naikan schoknya dikit lg

    ReplyDelete
  5. kalua body lift gak kang, contoh apakah masalah pengkabelan atu setir atau forsnelng atau rem tangan atau pipa rem dsb.?

    ReplyDelete
  6. maksud saya ribet gak installasi body lift.?

    ReplyDelete
  7. Salam kenal dari kmk soloraya... Pertanyaan saya untuk ban 235/70 r15.. Apakah harus naikan bodi.. Atau aman aja..

    ReplyDelete
  8. Salam kenal KD Bogor, produk aki untuk kuda diesel baik nya 65a atau 75 seperti nya yg 75 sudah ga produksi merk Gs

    ReplyDelete