Logo KMK Semarang

Logo KMK Semarang
Official Logo KMK Semarang

Tuesday 19 May 2015

Kuda tidak mau bangun di pagi hari.... ( AKI LETOY )

Pernahkah anda pagi pagi di buat panik karena Kuda nga mau bangun di pagi hari... alias di starter nga mau hidup....?
Biasanya suara yg terdengar hanya cekrak-cekrek di saat kontak di posisikan ke Start..
Hal ini di sebabkan karena AKI yang nge drop sehingga tidak kuat mengangkat dinamo starter yg berat.

Pada dasarnya Aki mobi adalah tempat menyimpan arus DC berukuran 12 Volt dengan Ampere (65A Pada KD dan 55A pada KB) yang di bagi dalam 6 Cell. Silahkan lihat pada Aki biasanya ada 6 Cell dimana setiap cel mewakili 2 Volt ( 2Volt x 6 = 12 Volt),


Jadi kalau dari 6 Cell tersebut bermasalah 1 Cell saja maka arus yang di simpan berarti hanya 2Volt X 5Cell = 10Volt otomatis tidak akan kuat utk meng angkat dinamo Starter yang memakan arus 12 Volt.
Tinggal yang harus kita tentukan adalah apakah AKI yang rusak, atau DInamo Ampere yang pengisian nya tidak maksimal.

Cara paling sederhana untuk pengecekan kondisi aki sbb :

1. Menggunakan Pipet Ukur AKI,
    Buka semua tutup cell aki, kemudian masukkan pipet ukur aki ke masing-masing lubang kemdian sedot air aki nya.. apabila air berada pada posisi warna Hijau maka kondisi AKI Bagus,... Jika waktu air di sedot berada di warna Putih arti nya setroom nya tidak full, dan kalau Merah arti nya Aki dalam keadaan tidak ada stroom nya. Dan semua kondisi Cell harus di warna Hijau , jika ada satu cell saja yg tidak di warna hijau ( terutama merah ) Kondisi AKI tidak sehat lagi.


2. Cara bego-bego an
    Cara Bego-begoan di sini adalah tanpa tools, yaitu dengan cara aki kita bawa jalan-jalan dengan asumsi dinamo Ampere pasti akang charging aki tersebut, setelah itu lepas kutup + dan - lalu biarkan aki tanpa kabel selama 2 hari saja.. kemudian setelah 2 hari coba pasang kembali kabel + dan - kemudian starter Kuda kita.. apabila tidak bisa di starter maka AKI kita SOAK alias rusak, karena aki yg sudah rusak cell nya tidak akan bisa menyimpan arus lebih dari 1 hari walaupun dalam kondisi full charge..

Apabila bisa di starter dan bisa jalan, namun kita masih tidak yakin dengan kondisi aki tersebut ulangi proses pelepasan kabel + dan - namun kali ini biarkan aki selama lebih dari 2 hari ( coba 4 -5 hari atau 1 minggu  kalau dua hari bisa di starter tapi pada percobaa 4-5 hari aki tidak kuat utk starter berarti aki anda dalam keadaan 1/2 mati hehehhehe.

Pada kondisi yang 1/2 mati tadi, apabila Kuda kita setiap hari rutin di pakai tidak masalah aki masih bisa di gunakan starter tiap hari ( yah minimal sampai gajian lah masih bisa heheheh )

3. Pengetesan Dinamo Ampere
    Apabila aki dalam keadaan oke ( di tes dengan pipet ukur aki ataupun alat tester yg lain ) tapi dalam beberapa hari Kuda kadang tidak bisa di starter, maka ada kemungkinan Dinamo AMpere nya yg ALMARHUM atau bermasalah..
Cara pengetesan dinamo ampere ini adalah menggunakan Ampere Meter

Ampere Meter (biasanya ada di angkot-angkot itu lho... )

Cara nya adalah dengan menyambungkan kutub negatif keluaran dari AKI ke Amperemeter secara paralel  ke massa body seperti pada gambar di bawah ini.

Skema pemasangan Amperemeter

Apabila kita injak pedal gas dan jarum amperemeter bergerakke kanan (+) maka dinamo ampere bekerja dengan baik, semakin ke kanan semakin baik, apabila kita injak pedal gas jarum tidak bergerak atau bahkan ke kiri maka dinamo ampere bermasalah.

Permasalahan tidak charging nya dinamo ampere biasanya dikarenakan IC regulator nya rusak, apabila ini terjadi maka harus di bawa ke tukang service dinamo ampere... utk harga ic nya sendiri beberapa waktu yg lalu saya kena Rp.400.000 ( di semarang ).

IC Dinamo Ampere KD

4. Cara Gratisan :) ..
    Cara ke4 ini adalah cara pengetesan aki dengan alat ukur yg canggih tapi gratis... hehheheh, penasaran kan...? ( sedikit diperukan keberanian hihii )
Ketika kita tidak yakin dengan kondisi aki kita, kita bawa saja KD kita ke bengkel Shop And Drive, kemudian kita bilang saja ke mekanik nya mau tanya2 soal aki.. dan biasanya mereka akan menawarkan utk melakukan pengecekan terhadap kondisi Aki kita.. kalau mereka  tidak menawarkan kita iseng aja tanya " kalau di cek dulu aki  kita bisa nga? , ada biaya nga?" nanti mereka akan bilang "bisa pak gratis utk pengecekan nya"...hehehheheheheh
( kayak nya udah jadi komitment mereka kalau cek kondisi aki gratis  )

Setelah di cek dengan alat mereka, nanti akan ketahuan kalau kondisi aki  kita masih baik atau sudah tinggal 1/2 mati , atau udah parah alias SOAK....

Kalau nga pingin beli di Shop And Drive kita tinggal bilang saja merek aki selain GS Astra (mereka tidak jual selain produk Astra ) hehehheheh gratis deh cek nya...

Dan asyik nya lagi Shop And Drive nga bisa mbetulin dinamo Amper, jadi waktu kita cek aki kalau ternyata kondisi aki kita sehat mereka akan menyarankan agar dinamo Ampere di service dulu. Dan hasil nya 100% valid utk tes aki di Shop And Drive karena alat mereka ada yg bisa mendeteksi daya simpan AKI dan Kekuatan Starter Aki...

Little Pajero @ shop and drive


Kalau kita beli Aki di Shop and Drive bisa juga tuker tambah, terakhir beli aki utk KD 75A tukar tambah dengan AKI lama harga nya Rp.1.035.000 garansi 1 tahun...

Oke... demikian sedikit share tentang AKI dan Dinamo Ampere , semoga bermanfaat utk rekan-rekan Joki sekalian..


Salam

KMK#314

1 comment:

  1. Tanya : sy punya kuda super exceed bensin, ketika posisi awal mesin mudah dihidupkan, ttp ketika sdh panas, dimaikam, kemudian distater lagi ternyata tdk bisa, harus menunggu dingin
    Apakah kerusakan pada accu yg lemah ato komponen lain?

    ReplyDelete