Logo KMK Semarang

Logo KMK Semarang
Official Logo KMK Semarang

Sunday 3 May 2015

Panduan Memilih Mitsubishi Kuda Bekas


Bagi rekan-rekan yang sedang huting mobil Mitsubishi Kuda, berikut kami tampilkan panduan dalam memilih Mitsubishi Kuda.

Ada beberapa chek point yang perlu diperhatikan sebelum memutuskan kita beli atau tidak mitsubishi kuda second yg kita pilih (maklumlah usia Mitsubishi Kuda kan sudah 10 tahun keataas ). Berikut panduannya :

1. Seperti pada umum nya karena mobil sudah ber umur cek pertama kondisi bodi kedaraan, pastikan Nat-Nat mobil masih lempeng , dan kalau kita lihat dari samping bayangan obyek yg muncul di body terlihat normal tidak pletat-pletot. Menurut Tukang cat kenteng langganan saya biasanya Kuda cat nya rusak di bagian Kap Mesin dan atap. ( jika point 1 ini Oke maka nilai 1 Point Plus )

Bayangan obyek terihat jelas tidak petat-petot 
( alias body bisa buat ngaca )

Perhatikan garis Nat yg lurus dari belakang ke depan


2. Longok ke kolong Mitsubishi Kuda, pastikan tidak ada rembesan oli di Rack End Powersteering, karena jika ada rembesan oli walau sedikit artinya anda harus siap2 uang minimal 1 Jt rupiah untuk perbaikan Power Steering (PS).  Pastikan juga tidak ada kebocoran dari perpak karter oli di bawah mesin. Pastikan juga ketika setir kita putar ke kiri dan ke kanan mentok tidak ada suara apa pun. ( Jika Point 2 ini Oke maka nilai 1 Point Plus )
Pastikan tidak ada kebocoran pada lokasi rack end yg di lingkari warna kuning

Modus nya biasanya penjual menutupi kebocoran atau rembesan olie dengan cara men DOORSMEER Mobil tersebut sehingga waktu di longok bagian bawah rembesan tidak terlihat karena bagian bawah mobil tertutupi oleh oli DOORSMEER. untuk itu coba cek juga di tampungan Oli Power Steering pada bagian dalam kap mesin, kalau oli nya nga penuh biasanya bocor PS nya.
Tabung penampungan oli Power Steering


3. Lihat postur body kuda ( Terutama GEn1 ) kalau body terlihat ceper atau Ndeprok (bagian belakang rendah ) kemungkinan besar Per belakang ada yang patah. hal ini merupakan penyakit bawaan orok  Kuda Gen1 Per belakang patah. Mungkin karena porduksi pertama masih ada BUG nya. Kalau body terlihat ceper jangan ragu utk menawar lebih rendah harga Kuda Second nya...
(Jika Point 3 ini Oke maka nilai 1 Point lagi )

4. Setelah observasiBody, kita mulai chek mesin Kuda khusus untuk Kuda Diesel pastikan ketika mesin hidup suara terdengar renyah ( keripik kaleee renyah ) kondisi mesin bersih (biasanaya ole penjual sebelum di jual mobil sudah di salonkan dulu mesin nya jadi bersih ), kemudian injak pedal gas dalam-dalam jika keluar asap hitam dari knalpot sebaiknya anda Balik kanan nga usah di lanjutkan nego nya, apalagi kalau ada asap putih udah deh tinggal saja tu mobil, karena mesin disel yg sehat memang mengeluarkan asap tapi tidak hitam tebal dan tidak putih.. kalau kita berdiri di knalpot belakang pada saat mesin hidup terasa asap nya dan bau nya tidak menyengat.
Oh iya hidupkan mesin selama 10-15 menit di tunggu sambil ngobrol2 sama penjual nya setelah itu matikan mesin dan buka tutup olie mesin , kalau keluar asap berarti kompresi jeblos... jangan di beli karena anda akan banyak mengelurkan uang utk perbaikan mesin Diesel yg tidak sehat.

Biasanya pihak penjual berkilah kalau mobil disel pasti ada asap hitam nya.... hehehhe no way man...
mesin disel yg sehat tidak berhasap hitam.

Bila kondisi stasioner berasap hitam dan saat d geber panjang makin pekat asapnya dan tidak segera hilang,indikasi fuel pump (boschpump) bermasalah dan cukup mahal perbaikannya..

Bila stasioner ada asap hitam tipis dan saat d geber panjang asap hitam pekat d awal kmudian menghilang saat putaran tinggi,biasanya karena setelan fuel load dan kondisi tekanan nozzle injector perlu kalibrasi atau dganti nozzle headnya..biayanya ga terlalu mahal koq..sekitar 150rb/pcs dikalikan 4 buah dan ditambah biaya kalibrasi.


Yg sempurna sih memang ga berasap saat idle ataupun putaran tinggi..dan kl pun d akselrasi mendadak asap ga terlalu banyak dan cepat hilang..


Untuk Kuda Bensin, hampir sama, nyalakan mesin pastikan tidak ada asap putih yg keluar dari knalpot belakang dan suara mesin halus tidak ada knocking ( klethek-klethek ) yg terdengar. kalau ada knocking kemungkinan metal jalan sudah aus. setelah mesin panas coba mainkan gas injak pedal gas secara cepat kalau tarikan nya responsif berarti karburator oke, namun jika ada sendatan sekecil apa pun kemungkinan proses semburan bensin nya bermasalah ( apalagi yg MPI ), karena utk mesin Kuda Bensin banyak sensor2 nya.

sebetulnya kalau bisa (boleh) membuka Busi lebih baik lagi... karena kondisi busi adalah mencerminkan tingkat kesehatan mesin... tapi apa boleh ya kita milih mobil di dealer di buka busi nya hehehehhehe....

cara yg lebih mungkin adalah nyalakan mesin kemudian kita berdiri di belakang knalpot nya sambil kita nikmati aroma asap yg keluar dari mesin.. kalau berbau aneh seperti olie terbakar atau asap nya pedas di hidung dan mata kemungkinan mobil nya nga beres.. tapi janagn lama2 menikmati asap nya ntar bisa K.O hehehehe

( jika Oke tambahkan 1 Point Plus lagi )
Mesin Kuda Diesel 


5. Pada Kuda Diesel pastikan juga tidak ada kebocoran pada master kopling bawah, dan pada saat mesin di hidupkan kita injak pedal kopling dalam dalam seharus nya rasa nya tidak terlalu ringan.. alias agak berat sedikit.. kalau terlalu ringan bisa jadi master kopling minta jajan.
( jika Oke tambahkan 1 Point lagi )
Master Kopling Kuda Diesel yang normal tidak ada kebocoran
( Letak nya di bawah sebelah kiri depan )

Ke 5 Point di atas bisa di jadikan acuan dalam memilih Kuda Second, cara nya buat chek list dari lima point di atas kemudian hunting kuda , pada setiap kondisi dari setiap point yg Oke anda skor 1 point apabila tidak oke anda skor 0 , kemudian total semua skor kalau bisa 5 berarti mobil layak di miliki, kalaupun tidak 5, tapi hanya 4 atau 3 mungkin bisa anda pertimbangkan utk menawar lebih murah mobil tersebut dari harga yg di tawarkan oleh Penjual.

Dan satu lagi pastikan fungsi2 elektrikal berjalan dengan baik,,,terutama pada electric mirror KDSE / Grandia, Power Window, Central Lock. dan tengok di bawah dashboard apakah kabel2 elektrikal nya masih rapi atau tidak.

Biasanya jika kita mendapatkan mobil Mitsubishi Kuda Second, siapkan anggaran Rp.3.000.000 s/d Rp.4.000.000,- untuk melakukan perbaikan, maka dijamin Kuda anda akan Nyaman seperti baru.

HAPPY HUNTING.....


KMK#314


8 comments:

  1. Mau tanya2 saya mau cari tutup oli power stering kuda bensin 2000,, cari di semarang dmn ya?? Saya udah ngubek2 di mataram barito dan di jalan semarang purwodadi,, ga ada yg jual, tolong infonya ya??

    ReplyDelete
  2. Mau tanya kemarin grandia saya nabrak truk dari belakang sehingga kap mesin hancur,
    Dimanakah saya bisa mendapatkan/beli, saya sdh ke bumen redja tidak tersefia lagi.

    ReplyDelete
  3. Pak bs minta no wa tuk konsultasi? Maturnuwun

    ReplyDelete
  4. mas dimana kalau mau beli seperpat Rak power setering kuda?

    ReplyDelete
  5. Numpang tanya gan ,agan ada yg tau cari sparepart adjuster timing belt nya kuda grandia 2000cc mpi at gan, makasi salam kenal dr ungaran

    ReplyDelete
  6. ini poin 6 ya om, "Biasanya jika kita mendapatkan mobil Mitsubishi Kuda Second, siapkan anggaran Rp.3.000.000 s/d Rp.4.000.000,- untuk melakukan perbaikan, maka dijamin Kuda anda akan Nyaman seperti baru"

    ReplyDelete
  7. Mau tanya bosquh, stabilizer depan kuda diesel sama bensin, sama tidak ya..?

    ReplyDelete
  8. Kok akehmen kendala neng suku cadang nggarai ora sido tuku kuda

    ReplyDelete