Logo KMK Semarang

Logo KMK Semarang
Official Logo KMK Semarang

Tuesday 5 May 2015

Mitsubishi Kuda Diesel Pertama Ku...

Setelah membahas panduan dalam memilih Mitsubishi Kuda, sekarang kita akan bahas mengenai apa yang harus kita lakukan setelah Mitsubishi Kuda Diesel kita parkir di garasi..

1. Tap Semua Olie ( Mesin, Gardan, Transmissi, )
     Karena kita tidak tahu olie yg ada di dalam Kuda kita sudah berumur berapa KM atau kapan olie2 tersebut di tap oleh pemilik lama, maka hukum nya adalah wajib utk melakukan ritual ganti semua olie sewaktu mobil pertama kali jatuh ke tangan kita.
     - Kapasitas Olie Mesin Kuda adalah 6 Liter (apabila sekalian ganti Filter Olie )
     - Kapasitas Olie Transmissi manual maupun automatic adalah 2,3 Lt

Karena mobil diesel kuncinya adalah di pelumasan, maka jangan pernah telat dalam waktu penggantian olie. dan sebaiknya jangan terlalu lama dalam durasi waktu penggantian olie nya.
Kalau ada dana lebih sekalian saja kuras minyak Power Steering dan ganti yg baru.


2. Ganti Semua Timming Belt (TB).
    Mitsubishi Kuda menggunakan 2 buah timming belt ( besar & kecil ), sebaiknya di ganti ke dua-dua nya karena desain dari mesin diesel Kuda  dibuat tangguh dan nyaman maka ada 2 timming belt dimana timming belt kecil berfungsi sebagai balancer yg membuat getaran mesin lebih halus.
Harga satu set timming belt tidak lah mahal kisaran hanya Rp.1.000.000 s/d RP.1.500.000 termasuk lakher tensioner dan ongkos bongkar pasang nya ( harga di semarang ).
Dan gunakanlah TB yg asli buatan Kramayudha Tiga Berlian (KTB), jangan sekali-kali menggunakan produk KW non ori karena TB terpsang di dalam mesin dan jika putus maka seher akan menghantam Klep, karena putaran tidak sinkron.

Gambar. Timming Belt ori KTB dan Laher NTN

3. Periksa ketebalan plat kopling
   Plat kopling juga tidak kalah penting peranan nya pada KD kita, karena kalau plat kopling habis atau sudah tipis maka mesin dengan kapasitas 2500CC pun akan terasa loyo.
Cara yang paling sederhana dalam memeriksa kondisi plat kopling adalah dengan cara:
   - Parkirkan kuda di tempat yg cukup lapang ( jangan ada obyek di dekat nya)
   - Hidupkan mesin, kemudian tarik rem tangan.
   - Injak Rem kuat - Kudat
   - Masukkan ke gigi 1 atau 2, tekan pedal kopling sampai mentok, kemudian injak pedal gas di rpn +/- 1500 dan lepaskan pedal kopling secara cepat.. apabila mesin mati berarti plat kopling KD masih         bagus ( tebal ).
Kalau saya pribadi saya prefer langsung turunkan plat kopling ( bongkar ) dan kita lihat secara fisik masih tebal atau sudah tipis, ganti sekalian dg yg baru, termasuk Drah Laher nya,

Kisaran biaya penggantian plat koopling sekitar Rp. 1.200.000 s.d Rp, 1.500.000 ( termasuk matahari dan drah laher nya )

4. Cek Rem
  Rem merupakan hal yang vital oleh karena itu cek lah kondisi rem KD dengan cara dibongkar di bengkel sekalian melakukan pelumasan di bagian2 yg harus di lumasi. Dan apabila sepatu sudah habis segera ganti.. oh iya jangan melakukan peggantian rem secara bersamaan utk ke 4 roda, lakukan lah penggantian rem dengan bertahap, misal rem depan dahulu dan 3 bulan kemudian baru ganti yang belakang ( kalau 2-2 nya habis ). Hal ini dilakukan dg tujuan agar sepatu-sepatu rem yg baru sudah menyesuiakan dengan alur tromol ataupun disc nya.
Jangan lupa sekalian di ganti Minyak REm nya dengan yg baru.

Dengan penggantian 4 item tadi dijamin Mitsubishi Kuda and akan serasa seperti baru lagi.... dan bisa berkendara dengan tenang utk 3-4 Tahun ke depan. ( dengan pemakaian normal bukan utk rental )

Tips : untuk menjaga agar kantong kita tidak terkuras habis, proses bisa di lakukan secara bertahap yg wajib di segerakan adalah point 1 dan 2.
jangan dilakukan langsung semua , ntar bisa Amsyong :P

KMK#314



16 comments:

  1. tiap pagi di star agak susah hidup kadang hidup beberapa detik lalu mati dan selanjutnya susah hidup lagi, begitu hidup berasap hitam campur putih dan rpm lama baru naik,sakring glow sering putus, roda depan ki ka bagian dalam cepat habis

    ReplyDelete
    Replies
    1. fuel filter solar cb diganti baru & isi pertaminaDex / Dexlite, klo mesin sempat hidup trs mati lagi, mungkin suply bbm tersendat krn kotoran di fuel filternya. berasap biasanya kualiatas dari bbm/solar busuk (basi). klo roda mending di spooring + balancing dulu.klo di daerah saya bandung 150rb'an.

      Delete
    2. pengalaman pribadi skering (fuse) "busi glow plug" putus. cerita disuatu pagi yg dingin sblm start kuda diesel kesayangan, lantaran habis check air radiaor dan tutup radiator pun biasanya di taruh disebelah tutup oli mesin dan saya lupa pasang kembali pd posisinya. langsung start on engine dan disitulah awal "musibah" setelah engine on, krn getaran mesin dan tutup radiator pun jatuh tepat diatas besi paralel (diatas busi glow plug) dan menyebabkan korselting listrik yg memutuskan sekring/fuse glow plug. ternyata stelah engine on, 'busi glowplug' langsung menyala kembali (otomatis) beberapa saat sampai mesin diputaran stationer (langsam). klo susah stater pake cara emergency 'koboi' yaitu sebelum kunci kontak diputar'on' pake kabel jumper accu (gunakan 1 kabel saja) dan jepitkan hanya ke kepala accu katup (+), ujungnya jepitkan ke besi (paralel) dimana dibawah besi trsbt unt menyambungkan ada 4 buah "busi glow plug" feling waktunya cpk 15 detik aja (lepas kabel tadi), krn ini cara darurat yaitu bypass langsung / ambil stroom dari katub (+) accu cara ini digunakan tanpa melalui system 'timer waktu' yg bekerja setelah diputar melalui kunci kontak on. fungsi "busi glowplug" memanaskan udara diruang bakar mesin, sehingga gampang unt mesin di stater. #bandung

      Delete
    3. Wah sama kaya kuda saya pake tombol jumper

      Delete
  2. thanks gan infonya..salam satu kuda..

    ReplyDelete
  3. Mas. Saya joki kudis SE 2001. Mnt no WA/hape nya mas. Bwt tanya2 masalah kudis. PM no wa nya ke email saya mas. Makasih mas... ginanjar.nugraha87@yahoo.com

    ReplyDelete
  4. Trimakasih sangat membantu.
    #KMK1294 Madiun Raya, ranch Jatim

    ReplyDelete
  5. Trimakasih sangat membantu.
    #KMK1294 Madiun Raya, ranch Jatim

    ReplyDelete
  6. Mas mau tanya kalo oil transmisi digunakan untuk oil gardan untuk mobil kuda diesel bolehkah, ada kah efek nya?
    Hari kemarin aku suruhan keponakan untuk mengganti oil keseluruhan, baik mesin, tranmisi maupun gardan berikut filter solarnya jg, tapi ternyata setelah cek di nota nya baik gardan dan tranmisi sama menggunakan oil yg sae 90
    ,mohon sedulur yg bisa kasih pencerahan... Mtrnwn

    ReplyDelete
  7. Semarang yg jual timing belt grandia diesel mana ya lur sedulur. Siapa tau ada yg tau harganya juga hehe

    ReplyDelete
  8. Numpang tanya soal gardan kuda diesel dengan bensin apakah sama gk ya? Atau sama dengan l300?

    ReplyDelete
  9. Mau tanya gan, nomor v belt AC Mitsubishi kuda diesel GLS 2000 brp?

    ReplyDelete
  10. Mas bro, bagaimana jika mesin kuda grandia 2.0 MPI suka tertahan jika jalan di bawah kecepatan 40KM. Kayak mobil CC kecil ketika AC di nyalakan. Kalau kecepatan diatas 40KM tidak masalah. Mohon bantuan suhu2...thank you.

    ReplyDelete